skip to main | skip to sidebar

Cari Blog Ini

Jumat, 17 Juni 2011

sejarah kota surakarta

Inilah Kota Solo, salah satu kota besar di Indonesia.  Masih segar dalam ingatan kita saat reformasi tahun 1998, kerusuhan terjadi dimana-mana, tak terkecuali di kota Solo. Massa yang bringas membakar, merusak,dan menjarah toko, mall, bank, dealer,dan bangunan2 lain di kota ini. Saat itu kota solo bagaikan kota mati. Aktivitas perekonomian di kota ini lumpuh total, hanya bangunan2 yang hangus sisa kebakaran dan penjarahan lah yang menjadi pemandangan di kota ini.

Setelah lebih dari 12 tahun berlalu, kota solo sekarang sudah berubah total. Hampir tak terlihat bahwa kota ini pernah menjadi saksi tergulingnya masa orde baru saat itu. Bangunan-bangunan megah sekarang menjadi pemandangan biasa di kota ini. Dengan kepemimpinan Joko Widodo selaku Walikota Solo saat ini, kota Solo kian berubah menjadi kota yang elegant. Berbagai proyek telah digulirkan untuk kemajuan kota Solo, seperti Solo Paragon, Pedistrian di sepanjang jalan slamet riyadi, kereta wisata uap, dan yang terakhir adalah proyek Railbus dan Bus Tingkat Wisata yang baru saja diresmikan, dalam rangka mendukung terciptanya kota solo sebagai kota wisata.
Dari dulu Solo sudah terkenal sebagai kota batik, salah satu contoh eksistensi kota solo sebagai kota batik sampai saat ini adalah digelarnya even tahunan yang bertema Solo Batik Carnival. Selain SBC, masih banyak even-even di kota Solo yang sayang untuk dilewatkan.

Kota Solo memang pantas menjadi kota wisata. Banyak tempat tujuan wisata di kota ini.
Wisata belanja,dengan banyaknya mall seperti Solo Grand Mall dan Solo Square atau pasar tradisional semisal Pasar Gedhe dan Pasar Klewer.Wisata budaya, dengan adanya kraton kasunanan yang budaya jawanya masih sangat kental dikota ini. Wisata alam, banyak tempat wisata alam disekitar kota Solo semisal air terjun Grojogan Sewu yang lokasinya di kab. Karanganyar, tak jauh sebelah timur dari kota Solo. Maupun wisata kuliner, salah satu tempat kuliner yang terkenal dikota solo adalah Galabo, yaitu warung makan yang berjejeran  disepanjang jalan sebelah timur bundaran gladak, atau depan Pusat Grosir Solo, buka tiap malam, dengan tempat makan lesehan maupun meja yang ditempatkan disepanjang jalan tsb.

0 komentar:

Posting Komentar